Ini Alasan Mengapa Dilarang Meniup Makanan atau Minuman

February 16, 2018

Fakta Bahaya Meniup Makanan dan Minuman



Pernah nggak guys,kalian meniup makanan yang panas atau minuman yang panas, entah karena udah tidak sabar karena lapar atau haus, atau juga karena dikejar dengan waktu.

Sebenarnya meniup makanan atau minuman itu tidak dibolehkan loh guys, dalam Islam juga dilarang loh. 

Seperti yang terdapat pada Hadits Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Apabila kalian minum, janganlah bernafas di dalam gelas, dan ketika buang hajat, janganlah menyentuh kemaluan dengan tangan kanan… “(HR. Bukhari 153).
Dan pada Hadis dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma,
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang bernafas di dalam gelas atau meniup isi gelas.” (HR. Ahmad 1907, Turmudzi 1888, dan dishahihkan Syuaib Al-Arnauth).
Bahkan Ibnul Qoyim menjelaskannya lebih detail , yang jika diterjemahkan sebagai berikut:
Meniup minuman bisa menyebabkan air itu terkena bau yang tidak sedap dari mulut orang yang meniup. Sehingga membuat air itu menjijikkan untuk diminum. Terutama ketika terjadi bau mulut. Kesimpulannya, nafas orang yang meniup akan bercampur dengan minuman itu. Karena itulah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menggabungkan larangan bernafas di dalam gelas dengan meniup isi gelas. (Zadul Ma’ad, 4/215).

Nah Semakin berkembanganya zaman dan Teknologi di bidang sains, terkuak beberapa fakta ilmiah kenapa jangan meniup makanan atau minuman panas. Nih guys penjelasannya.

Asam Karbonat


Penyebab larangan mengembus makanan yang kesatu ini sangatbersangkutan erat dengan suatu zat kimia yang dinamakan asam karbonat. Asam karbonat atau H2C03 ialah senyawa kimia yang sebetulnya sudah terdapat didalam tubuh anda dimana bermanfaat untuk menata kadar keasaman darah. Semakin tinggi kandungan asam karbonat dalam darah maka bakal semakin asam darah. Pada normalnya darah mempunyai batasan kadar keasaman atau Ph yaitu 7,35 hingga 7,45. Jika kadar keasaman ini lebih tinggi dari ph normal maka tubuh bisa berada dalam situasi asidosis. Kondisi asidosis sendiri lumayan berbahaya untuk tubuh yang dapat mengakibatkan gangguan jantungan ditandai dengan napas menjadi lebih cepat, sesak, pusing sebab tubuh berjuang menyeimbangkan kadar ph darah. 

Nah, kemudian apa hubungannya dengan mengembus makanan panas? Gini guys  saat kita menghebuskan nafas, tubuh kita mengeluarkan zat kimia C02 atau karbondioksida. Karbondioksida ini pada dasarnya berbahaya bila bersentuhan dengan air, karena andai bersentuhan dengan air yang mempunyai susunan kimia H20 maka akan terbentuk senyawa asam karbonat yang berbahaya untuk tubuh. Walau banyak juga yang berpendapat bahwa Asam Karbonat yang dihasilkan oleh hembusan nafas mempunyai efek kecil dan tidak berpengaruh, namun tidak ada salahnya kan bila kita nih guys mencegah, karena Mencegah lebih baik dari mengobati, gimana guys? Lanjut ke Fakta Ilmiah berikutnya guys.

H. Pylori

H.Pylori

Apa itu H.Pylori, H.Pylori itu merupakan bakteri yang mengakibatkan gangguan lambung. Yang mencekam lagi, bakteri ini bisa dengan gampang menyebar melewati pernafasan. Akan paling bahaya sekali andai kita nih guys yang mempunyai gangguan lambung atau secara tak sadar mempunyai gangguan lambung meniup makanan atau minuman yang bakal disajikan pada teman,keluarga atau anak kita. Bakteri tersebut nantinya akan beralih dan mengontaminasi makanan atau minuman itu dan masuk pada tubuh orang lain. Karena itu guys, lebih baik membuat makanannya hangat-hangat aja ya hehehe.

Mikroorganisme
Pernafasan ialah salah satu jalan keluar untuk mikroorganisme, virus serta bakteri yang bisa menyebar dan menular. Bukan saja si asam karbonat dan si bakter H. Pylori saja yang berbahaya bila meniup makanan, namun jenis bakteri dan virus lainnya juga dapat menyebar. seperti virus TBC, virus yang terkadang tak disadari oleh seseorang yang mengidapnya yang bakal dengan gampang menular melalui air liur dan nafas saat kita meniup makanan atau minuman tersebut. Belum lagi nih guys dengan “kotoran” yang ada dalam mulut kita,dengan meniup makanan tepat didepan makanan tersebut secara tidak langsung “kotoran” yang ada di mulut kita juga akan mendarat dengan mulus di makanan tersebut,hmmmm.

Nah dari fakta diatas tentunya telah jelas kenapa meniup makanan atau minuman yang panas paling tidak dianjurkan. Apalagi bila minuman atau makanan tersebut untuk kita berikan kepada anak atau bayi kita, yang mana kekebalan tubuhnya belum terbentuk sempurna. Bisa-bisa malah nanti jadi penyakit,kan kasian.

Hikmah dari jangan meniup makanan dan minuman dan penjelasan diatas dapat kita ambil nih guys,bahwa sudah sepantasnya kita jangan terburu-buru, belajar sabar dan menahan diri.

Semoga dengan artikel ini, kita semua mulai membiasakan untuk tidak meniup makanan dan minuman yang panas ya guys, cukup ditunggu sampai hangat saja sembari mengobrol dengan tamunya atau membaca-baca artikel di blog ini, pasti tidak terasa minuman atau makanannya sudah siap disantap. Heheheh..

Semoga bermanfaat ya guys.. 



Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Saya sangat senang berinteraksi dan berdiskusi bersama, tinggalkan komentar anda dan semoga bisa menjadi tali interaksi.