Komsumsi Ini Saat Anda Flu

February 19, 2018

Makanan Yang Baik Saat Dilanda Flu

Flu dapat membuat nafsu makan menghilang,namun itu bukanlah hal yang baik buat Anda, Mengkomsumsi makanan dan meminum minuman yang tepat serta beristirahat dengan cukup akan membuat flu anda akan segera membaik.



Namun, seperti apakah makanan dan minuman yang tepat dan pas untuk sakit flu? Berikut ulasan Makanan dan Minuman yang baik bagi anda yang terserang flu, dengan mengkomsumsi makanan dan minuman berikut akan mengobati sakit flu dengan cepat.
Pixabay

1. Minuman Elektrolit


Pixabay

"Menjaga agar tidak dehidrasi ialah hal yang sangat penting ketika Anda terpapar flu, terutama saat Anda demam dan berkeringat, atau Anda merasakan masalah dalam nafsu makan anda," Menurut Ahli Nutrisi Gisi berpengalaman dari Denver - Jessica Crandall, yang juga seorang juru bicara pada Akademi Nutrisi dan Dietetics. Memastikan bahwa kita minum air putih merupakan solusi sangat sederhana,tetapi menambahkan minuman elektrolit atau air kelapa dapat mengganti dan menambahkan sodium dan potassium serta cairan.
Pixabay

Minuman berperasa atau beraroma memang terlihat menarik dari pada air putih biasa dan ini mendorong anda untuk meminumnya. Ahli gizi tidak jarang menyarankan supaya tidak meminum minuman olahraga bagi orang-orang yang yang tidak sedang berolahraga, karena tidak banyak mengeluarkan energy pada tubuh – meminum minuman yang mengandung elektrolik tentu jalan terbaik bagi anda untuk memenuhi kalori dalam tubuh selama sakit flu.


2. Teeh Hijau

Pixabay

Cara lain untuk tetap terhidrasi adalah dengan menghirup teh hangat. "Flu biasanya melibatkan gejala pernapasan bagian atas, dan minum cairan hangat atau panas dapat membantu membuka saluran udara," kata Rena Zelig, RDN, asisten profesor ilmu gizi di Rutgers University. 

Zelig merekomendasikan teh hijau, yang lebih tinggi antioksidan dibanding rekannya yang hitam. Menambahkan sedikit madu bisa membantu menghilangkan sakit tenggorokan dan juga dapat meredakan batuk.

3. Jus Jeruk


jeruk ialah sumber vitamin C yang baik,sejumlah penelitian menganjurkan mengkomsumsi Vitamin C dapat menolong mengurangi durasi pilek dan flu. Tapi mengkomsumsi berlebihan akan membuat tubuh anda lebih buruk: "Tubuh kita hanya dapat menyerap begitu banyak vitamin C secara sekaligus, dan andai Anda anda mengkomsumsi secara berlebihan maka dapat menyebabkan  gastrointestinal," kata Crandall.
Pixabay
Crandall juga menganjurkan untuk mencampur 4 ons jus dengan 16 hingga 20 ons air. Anda akan tetap terhidrasi dan masih mendapat 100% vitamin C perhari untuk tubuh anda,tanpa berlebihan pada gula dan kalori.


4. Daging Sapi


Pixabay

Nutrisi lain yang harus ada pada tubuh saat flu melanda adalah “Zync”, Studi menunjukkan bahwa zync membantu melawan infeksi dengan mengatur sistem kekebalan tubuh dan bahwa dengan mengkonsumsi suplemen zync dapat mengurangi durasi flu biasa. Mendapatkan zync dari sumber makanan juga bisa membantu, kata Crandall, meskipun penelitiannya kurang banyak di bidang ini.

Tiga ons daging sapi yang direbus mengandung sekitar 7 mg zync, sekitar setengah dari nilai harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Ini kaya akan protein dan vitamin B juga, yang mungkin juga membantu Anda pulih sepenuhnya dari flu. Sumber zinc lainnya yang baik adalah tiram dan udang, meskipun kerang mungkin tidak begitu diminati - atau sulit didapat apalagi  saat Anda berada di rumah sakit.

5. Jahe

Makanan atau minuman yang dibuat dengan jahe juga bisa meringankan masalah perut yang terkait dengan flu, kata Zelig. Penelitian menunjukkan akar jahe adalah anti-inflamasi dan efektif melawan mual-walaupun kebanyakan penelitian melibatkan mabuk atau kehamilan, bukan flu.

Carilah jahe dalam teh atau sup, atau buat tonik penyembuhan Anda sendiri dengan memasukkan air dengan jahe segar. Jangan mengandalkan jahe yang dijual dalam bentuk kemasan (Jahe Ale), kata Zelig, karena kebanyakan merek mengandung sedikit atau tidak sama sekali jahe dan lebih banyak gula; karbonasi juga bisa mengganggu sakit tenggorokan dan perut mual.

6. Komsumsi Makanan yang mengandung Vitamin B12




"Bila Anda terkena flu, Anda juga ingin mencari makanan yang akan meningkatkan tingkat energi Anda - dan sebagian besar itu berarti Vitamin B," kata Zelig. Vitamin B12 ditemukan secara alami pada telur, daging, kerang, dan susu - tetapi jika Anda vegetarian atau tidak ingin makan yang berat ini, Anda juga bisa mendapatkannya dari biji-bijian yang diperkaya, seperti roti dan sereal sarapan.
Pixabay

7. Sup Ayam

Pixabay

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Kaldu asinnya dapat menolong menghidrasi dan mengubah sodium yang hilang, kata Zelig, sedangkan sayuran memberikan vitamin dan mineral. Protein juga bisa didapat dari daging ayamnya, "yang berguna  dna penting untuk melakukan penyembuhan dan guna mendapatkan energy anda kembali ketika Anda sakit," katanya.
Pixabay

Beberapa ilmuwan bahkan menganjurkan bahwa sifat aromatik sup mie ayam bisa melonggarkan lendir dan membersihkan saluran hidung, kata Zelig; Penelitian lain mengatakan bahwa sup ayam dapat membantu sel-sel darah putih yang melawan infeksi bekerja lebih efisien.

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman untuk menghilangkan sakit flu Anda, semoga bermanfaat.
Sumber : Health.com 

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Saya sangat senang berinteraksi dan berdiskusi bersama, tinggalkan komentar anda dan semoga bisa menjadi tali interaksi.