10 Trik Excel Yang Sangat Bermanfaat

February 16, 2018

10 Trik Excel Yang Bermanfaat

Excel merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dalam hal melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan data dan kalkulasi. Baik itu membuat Laporan keuangan, pendataan pegawai, pendataan siswa, membuat daftar gaji pegawai dan karyawan,bahkan kadang excel digunakan sebagai Aplikasi utama pada sebuah lembaga atau perusahaan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Walau begitu banyak diantara kita baik itu yang pemula menggunakan excel ataupun sudah terbiasa dengan excel,melewatkan dan mungkin tidak tahu tips trik yang bermanfaat serta dapat mempercepat pekerjaan pada excel. Nah disini saya akan jelaskan 10 Trik Excel yang sangat "useful" dan tentunya meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam mengoperasikan Microsoft Excel.



1. Memilih semua Cell dengan sekali klik

sebenarnya cara ini bisa dilakukan dengan hanya menekan kombinasi tombol CTRL + A, tetapi ada cara yang lebih cepat, yaitu dengan mengklik tombol yang ada disudut atas antara baris dan kolom. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ya.


2. Menggabungkan Teks antar kolom dengan tanda "&"

Tidak perlu rumus atau formula yang rumit, asalkan kita tahu teknik menggunakan simbol “&”, kita dapat menciptakan teks apapun secara bebas dengan simbol ini. contoh saya mempunyai empat kolom dengan teks yang berbeda, namun bagaimana andai saya hendak menyatukannya tanpa harus menuliskannya ke dalam satu cell? Pertama, ketik sama dengan (=) di cell yang akan kita inginkan,untuk penulisan formulanya bisa di lihat di gambar dibawah ini.

Hasil dari penggunaan simbol & ini akan menghasilkan nilai atau teks INFOPAMANBLOGSPOTCOM.
Bagaimana bila ingin menambahkan kata tertentu misalnya seperti gambar diatas yang menghasilkan tulisan INFOPAMAN.BLOGSPOT.COM, dimana terdapat huruf titik “.”, untuk melakukannya cukup menambahkan tanda petik dua [“] setelah simbol &.
dan yang perlu diingat dan dipahami bahwa setiap ingin menyambungkan kata/teks wajib didahului dengan simbol "& "

3. Mengubah Jenis Teks (Huruf Besar Semua,atau Huruf Kecil Semua)

di Excel kita juga dapat dengan mudah mengubah huruf besar menjadi huruf kecil semua, atau sebaliknya, bahkan membuat kalimat yang dimana huruf awal setiap kata saja yang mempunyai huruf besar. Disini untuk melakukannya dapat menggunakan fungsi UPPER,LOWER,dan PROPER.
Upper membuat Huruf menjadi kapital (huruf besar semua), Lower kebalikannya yaitu menjadikan huruf menjadi huruf kecil semua,sedangkan Proper untuk membuat Huruf awal setiap kata saja yang menjadi huruf kapital (Sentence Case).

untuk menggunakan fungsi ini, dapat dilihat pada gambar dibawah ya




4. Agar angka "0" tidak hilang saat diketik

Bila kita memasukkan nilai dimulai dengan angka nol (0), Excel akan menghapus nol secara default. Nah daripda harus mengatur dari format cell, masalah ini dapat dengan mudah diselesaikan dengan menambahkan satu tanda petik (kutip) di depan angka nol pertama, seperti dibawah ini


5.  Tekan F2 Cara cepat mengubah teks dalam cell

Biasanya kalau ingin mengubah teks atau value dalam cell, kita mengklik dua kali cell tersebut atau menggantinya melalui kolom formula, nah dengan menekan F2 itu bisa dilakukan dengan cepat. cukup menempatkan kursor di cell yang ingin dirubah dan tekan F2.

6. Memblok / Memilih bagian tertentu pada kolom.

Misal nih ada tiga buah kolom masing-masing kolom A B dan C, kalian ini memblok atau memilih kolom A dan C saja, cukup tekan tombol SHIFT sambil mengklik kolom A dan kemudian klik kolom C, tanpa melepaskan tombol SHIFT nya. maka hanya kolom A dan C saja yang terblok/terpilih.

7. Tambahkan Shorcut pada Menu Bar agar pekerjaan lebih cepat

Hampir seluruh* dari kita* suka teknik* pintas dalam menuntaskan* pekerjaan di excel dengan hanya sekali klik. Dalam urusan* ini Microsoft Excel sudah* menyediakan kemudahan* shortcut untuk mempermudah* mengakses perintah dalam sekali klik, yaitu kita dapat membuat shortcut atau jalan pintas diatas menu bar seperti yang ada pada tombol Undo dan Redo. Caranya seperti ini.




Untuk melakukannya kita dapat mengklik tanda panah di sebelah ikon save, undo dan redo yang menyatakan “Customize Quick Access Toolbar”, disana sudah ada tersedia beberapa pilihan shortcut yang dapat kita ambil dan munculkan. Contohnya saya menambahkan shortcut untuk membuka file (open), membuat halaman baru (New) dan Mode langsung mencetak (Quick Print)

Oke guys, paman kira itu aja dulu deh berhubung kuota terbatas hahahaha.. nanti akan ada update selanjutnya. Tetap ikuti blog ini ya, masukkan email kalian untuk bisa mengikuti dan mendapatkan artikel terbaru dari infopaman.blogspot.com.




Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Saya sangat senang berinteraksi dan berdiskusi bersama, tinggalkan komentar anda dan semoga bisa menjadi tali interaksi.